Langkah membuat poster


Begini Langkah-langkah yang Dilakukan Dalam Membuat Poster

Sebelum membuat poster ketahui dulu hal apa saja yang harus dilakukan. Mengutip situs Kemdikbud, begini langkah-langkah dalam membuat poster:

1. Tentukan Topik

Tentukan apa yang akan dibahas dalam poster, misalnya, tentang kecantikan, kegiatan sosial atau film. Selanjutnya, tentukan alasan dari pembuatan poster, untuk promosi atau sosialisasi.

2. Buat Kalimat Singkat namun Bersifat Sugesti

Biasanya, sebuah poster hanya dibaca sekilas oleh orang. Hanya sedikit pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama dalam membaca poster.

Sebab itulah, sebuah poster sebaiknya dibuat dengan kalimat yang singkat. Tujuannya adalah agar bisa dibaca dan juga dipahami dalam waktu yang singkat juga.

Melalui bahasa yang singkat, pesan yang tertulis di poster bisa tersampaikan dengan baik. Ingat, jangan sampai kalimat yang ada di poster justru ambigu dan membuat pembaca kebingungan.

3. Gunakan Gambar

Gambar menjadi alat penyampai pesan yang paling menarik. Buat proporsi gambar yang lebih besar dari tulisan pada poster. Gunakan warna-warna mencolok agar menarik perhatian pembaca.

4. Gunakan Media yang Tepat

Tempat di mana poster akan ditempel menentukan banyaknya pembaca. Misalnya, poster yang ditempelkan di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan memiliki kesempatan dibaca oleh lebih banyak pengunjung dibandingkan jika ditempel di dinding-dinding perkampungan.

Pengertian Poster

Mengutip situs Kemdikbud, poster adalah media publikasi yang terdiri dari tulisan, gambar atau kombinasi antara keduanya. Tujuannya adalah memberikan informasi kepada khalayak.

Poster atau plakat bisa diartikan juga sebagai karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Cara mengaplikasikannya adalah ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Poster juga bisa menjadi sarana promosi produk, pendidikan, jasa, kegiatan, dan lain sebagainya.

Prinsip Desain Poster

Mengutip Buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster, berikut prinsip desain poster:

    1. Keseimbangan menjadi prinsip poster yang menghindari kesan berat sebelah atau suatu bidang atau ruang yang diisi. Ada dua jenis keseimbangan yang diterapkan, yaitu simetris dan tidak simetris.
    2. Alur baca diatur secara sistematis oleh desainer untuk mengarahkan mata pembaca dalam menelusuri informasi.
    3. Penekanan dibuat dalam judul dan ilustrasi, sehingga lebih menonjol dari elemen desain yang lain berdasarkan urutan prioritas. Penekanan ini bisa dibuat dengan perbandingan ukuran, latar belakang yang kontras dengan tulisan dan gambar, perbedaan warna yang mencolok dan memanfaatkan garis untuk memisahkan informasi
    4. Beberapa bagian dalam poster harus digabung atau dipisah dengan sedemikian rupa menjadi beberapa kelompok informasi. Misalnya, informasi nama gedung atau tempat acara harus dekat dengan keterangan alamat.
    5. Poster memiliki unsur gambar dan kata-kata di atas kertas berukuran besar. Hal ini agar poster mudah dibaca dan memberikan sentuhan akhir atau kesan.
    6. Memiliki unsur warna yang mencolok dan dipasang di tempat strategis.

Ciri-ciri Poster

Menurut buku Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, berikut ciri-ciri poster:

    • Sederhana.
    • Berwarna menarik.
    • Mempunyai slogan.
    • Tulisan mudah dipahami.
    • Motif gambar dan tulisan bervariasi.

Manfaat Poster

Poster tentu memiliki manfaat. Mengutip buku Media Pembelajaran, manfaat dari poster adalah sebagai berikut:

    • Untuk menarik perhatian publik.
    • Sebagai petunjuk Informasi.
    • Media berkreasi.
    • Sebagai media kampanye.
    • Sebagai peringatan.

Jenis Poster

Berdasarkan jenisnya, poster dibagi menjadi dua:

1. Berdasarkan Isinya

a. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat berisi informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti layanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

b. Poster Niaga

Poster niaga berisi tentang promosi suatu jasa yang dijual oleh perusahaan.

c. Poster Kegiatan

Poster pendidikan berisi informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Tujuannya agar banyak orang yang mengetahui dan datang ke kegiatan tersebut.

d. Poster Pendidikan

Poster pendidikan berisi informasi pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

2. Berdasarkan Tujuannya

a. Poster Propaganda

Poster Propaganda bertujuan untuk memberi motivasi kepada masyarakat umum. Misalnya, berisi penyemangat untuk menjalani hidup.

b. Poster Kampanye

Poster Kampanye berisi hal yang menarik simpati orang banyak. Misalnya poster calon ketua osis yang menampilkan visi dan misi yang menjanjikan jika terpilih.

c. Poster Permintaan

Poster Permintaan berisi pencarian orang atau hal-hal yang diperlukan, misalnya orang hilang dan lowongan kerja.

d. Poster Film

Poster film berisi promosi film terbaru yang akan ditayangkan. Tujuannya yaitu agar masyarakat tertarik untuk menonton.

e. Poster Komersial

Poster komersial berisi promosi sebuah produk atau jasa.

f. Poster Kegiatan/Acara

Poster acara berisi iklan sebuah acara, misalnya teater.

 

 Contoh  poster

Poster Kebersihan Lingkungan

Komentar

Postingan Populer